KAPITA SELEKTA (5) Komunikasi dan Interaksi Sosial, interaksi adalah pola hubungan timbal balik dalam masyarakat.

Manusia diciptakan berpasangan tidak ada manusia hidup sendiri pasti butuh bantuan orang lain butuh interaksi sesama manusia, dan inilah pembauran yang terjadi ada percampuran antara interaksi satu sama lain contohnya ada seorang murid baru pindah sekolah dan murid baru tersebut berkenalan atau ber-interaksi kepada teman-temannya itulah percampuran satu sama lain butuh sosialisasi dengan suasana baru penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar, dan contoh yang ke dua ada masyarakaat dari daerah pindah ke kota dan membaur dengan lingkungan kota dan menyesuaikan diri dari sikap negative kota.
Pernikahan silang antar suku atau antar bangsa ada keuntungannya adalah jadi punya pengetahuan suku budaya atau bangsa lain, terus melatih saling menghargai perbedaan kebiasaan mereka. Kerugiannya adalah yang sebagai istri pasti ikut budaya atau bangsa suaminya jadi kebudayaan atau bangsa yang istri jadi lama kelamaan pudar , bangsa lain kebudayaan yang bebas harus mengambil yang positif atau yang baiknya saja dan ketika beda kepercayaan harus di pikir dengan baik baik sebelum mengambil keputusan.
Di Jakarta tempat pusat masyaraakat berkumupul maupun beda ras, agama, suku, dan budaya dan kita sudah memperat semboyan bhineka tunggal ika walaupun berbeda-beda tapi tetap bersatu makanya manusia harus membaur kepada masyaraakat lain walaupun dari papua Sumatra Kalimantan kita harus bersatu untuk menciptakan keindahan sosialisasi. Kini manusia lebih mementingkan dirinya sendiri atau kebutuhan individu tidak untuk berkelompok bekerja sama membangun tali persaudaraan.
Interaksi social berhubungan atau interaksi satu sama lain atau hubungan antara beberapa pelaku yang dinamis. Dan interaksi social ada beberapa prosesnya yaitu:
1. Sugesti adalah berlsngsung apabila seseorang memberi suatu pandangan atau suatu sikap yang berasal dari dirinya yang kemudian diterima oleh pihak lain.

2. Simpati adalah Sebenarnya merupakan suatu proses dimana seseorang merasa tertarik pada pihak lain. Di dalam proses ini perasaan memegang peranan yang sangat penting, walaupun dorongan utama pada simpati adalah keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk bekerja sama dengannya.

3. Imitasi adalah Salah satu segi positifnya adalah bahwa imitasi dapat mendorong seseorang untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku

4. Identifikasi adalah Identifikasi sebenarnya merupakan kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain. Identifikasi sifatnya lebih mendalam daripada imitasi, karena kepribadian seseorang dapat terbentuk atas dasar proses ini.

. Menurut Soerjono Soekanto
Kelompok adalah himpunan atau kesatuan kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi..
Bentuk-bentuk perubahan social Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat, pada umumnya disebut dengan revolusi. Hal yang pokok dari revolusi adalah terdapatnya perubahan yang terjadi de¬ngan cepat, disamping itu perubahan tersebut menyangkut dasar-dasar atau sendi-sendi pokok dari kehidupan manusia. Perubahan yang terjadi secara revolusi dapat direncana¬kan terlebih dahulu ataupun tidak direncanakan.

Perubahan yang terjadi secara revolusi, sebenarnya kecepatan berlangsungnya perubahan adalah relatif, dikarenakan ada suatu revolusi yang berlangsung lama. Misal, Revolusi Industri di Inggris yaitu perubahan-perubahan yang terjadi dari proses produksi tanpa mesin, hingga proses produksi menggunakan mesin. Perubahan seperti ini dianggap perubahan yang cepat, karena mengubah sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat, yaitu adanya sistem hubungan antara buruh dan majikan.

Dan ada perubahan yang direncanakan ada yang tidak direncanakan da nada perubahan besar dan perubahan kecil.

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

Bagaimana “Pembauran” bisa terjadi ? Apa keuntungan dan kerugian adanya pernikahan silang antar suku atau antar bangsa? Sekarang kita ada di kota besar seperti kota Jakarta, dimana segala suku bangsa ada di dalamnya, membaur dalam satu komunitas yang memiliki arah dan tujuan yang sama. Misalnya situasi kelas perkuliahan kita saat ini, dimana terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda, namun bisa belajar bersama tanpa menonjolkan etnic masing-masing. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interkasi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam amasyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, proses sosial diartikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok sosial saling bertemu serta menentukan sistem dan bentuk hubungan sosial.

Bobot 30

Komentar anda minimal 500 kata

View original post

Leave a comment